Selasa, 21 Februari 2012

Pudarnya Bahasa Indonesia di Kalangan Remaja (Tugas Bahasa Indonesiaku)


-PUDARNYA BAHASA INDONESIA DI KALANGAN REMAJA-

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami haturkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami mampu menyelesaikan tugas membuat makalah ini.
            Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Seorang revolusioner akbar, atas jasanya yang agung kepada umat manusia dalam membimbing manusia dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang yakni Dinul Islam.
            Makalah yang berjudul “Pudarnya Bahasa Indonesia di Kalangan Remaja” ini kami susun untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia. Semoga dengan adanya makalah ini, dapat memberikan informasi tentang pengaruh bahasa gaul terhadap Bahasa Indonesia sehingga kita sebagai remaja bisa memilah penggunaan bahasa gaul sesuai dengan kondisi dan situasi yang tepat.
            Dalam penyelesaian makalah ini penulis menerima bantuan dari orang lain baik langsung maupun tidak langsung oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Arif Suswanto, S.Pd, M.Pd . selaku Kepala SMA Negeri 1 Sidayu.
2.      Nurotul Madichah, S. Si selaku wali kelas kami.
3.      Masnifah, S.Pd. selaku pembimbing.
4.      Seluruh keluarga dan teman-teman yang membantu dengan ketulusan dan lapang dada.

Akhirnya tiada gading yang tak retak. kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kami menantikan saran dan kritik yang membangun untuk pembuatan makalah selanjutnya. Semoga laporan ini berguna bagi penulis sendiri maupun pembaca. Amiin..

Sidayu, 02 Februari 2012
Penulis





DAFTAR ISI

Halaman Judul                                                                                                                Hal
Kata Pengantar .................................................................................................................i
Daftar Isi............................................................................................................................ii
                                                                
BAB I             : PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang....................................................................................1
1.2  Tujuan Penelitian................................................................................1
1.3  Rumusan Masalah...............................................................................2
1.4  Manfaat...............................................................................................2
1.5  Metodologi Penulisan.........................................................................2

BAB II            : PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Bahasa Indonesia....................................................................3
2.2 Pengertian Bahasa Gaul.......................................................................3
2.3 Ciri-ciri Bahasa Gaul...........................................................................4
2.4 Faktor-faktor Pendukung Maraknya Bahasa Gaul terhadap Bahasa    
      Indonesia..............................................................................................5
2.5 Pengaruh Bahasa Gaul terhadap Bahasa Indonesia.............................6
2.6 Dampak Positif dan Negatif dari Penggunaan Bahasa Gaul...............7
2.7 Upaya Mempertahankan Bahasa Indonesia agar Tidak Tergeser
      oleh Bahasa Gaul.................................................................................8

BAB  III         : PENUTUP
3.1 Kesimpulan..........................................................................................11
3.2 Saran....................................................................................................11

DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................................12





BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak terlepas dari pemakaian bahasa. Dengan bahasa seseorang dapat mengungkapkan ide, gagasan, pikiran, dan keinginan dalam menyampaikan pendapat dan informasi. Bahasa sebagai alat untuk interaksi antarmanusia dalam masyarakat memiliki sifat sosial yaitu pemakaian bahasa digunakan oleh setiap lapisan masyarakat. Bahasa bukan individual yang hanya dapat dipakai dan dipahami oleh penutur saja akan tetapi, pemakaian bahasa akan lebih tepat bila antara penutur dan mitra tutur saling memahami makna tutur.
Sebagai masyarakat Indonesia tentunya kita menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, yang berfungsi sebagai alat komunikasi mempunyai peran sebagai penyampai informasi. Namun, pemakaian bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari mulai bergeser digantikan oleh pemakaian bahasa anak remaja yang dikenal dengan bahasa gaul. Interferensi bahasa gaul kadang muncul dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam situasi resmi yang mengakibatkan penggunaan bahasa tidak baik dan tidak benar.

     Sehubungan dengan semakin maraknya penggunaan bahasa gaul yang digunakan oleh sebagian masyarakat modern, perlu adanya tindakan dari semua pihak yang peduli terhadap eksistensi bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional, bahasa persatuan, dan bahasa pengantar dalam dunia pendidikan.


1.2  Tujuan Penelitian

a.    Secara Umum :
Tujuan penelitian ini adalah untuk memeriksa pemakaian bahasa gaul dalam dialog remaja Indonesia dalam kehidupan remaja.

b.    Secara Khusus :
· Mengetahui ciri-ciri bahasa gaul
· Mengetahui faktor dan dampak dari penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja
· Penelitian ini diharapkan akan meningkatkan mutu bahasa Indonesia agar tidak tergeser oleh bahasa gaul

1.3    Rumusan Masalah
1.    Mengapa remaja sering menggunakan bahasa gaul daripada menggunakan Bahasa Indonesia baku?
2.    Apa yang menyebabkan para remaja lebih cepat menyerap bahasa gaul daripada Bahasa Indonesia baku?
3.    Apa dampak positif dan negatif dari penggunaan bahasa gaul bagi masyarakat, khususnya para remaja?
4.    Bagaimana upaya kita agar penggunaan Bahasa Indonesia tidak tergeser oleh bahasa gaul?

1.4  Manfaat
            Hasil penelitian ini, diharapkan bisa memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya  remaja tentang pengaruh bahasa gaul yang akan menggeser bahasa indonesia. Serta dampak negatif dan positif penggunaan bahasa gaul di lingkungan remaja. Sehingga timbul upaya masyarakat khususnya remaja untuk tetap menjaga dan melestarikan Bahasa Indonesia.

1.5  Metodologi Penulisan
1.      Riset Diskusi
Para penyusun menggunakan sarana diskusi tim untuk memecahkan rumusan masalah dan pembahasan masalah yang akan digunakan untuk bahan penelitian.

2.      Riset Referensi/Literatur
Penyusun mengambil beberapa referensi untuk memperkuat data-data yang digunakan untuk bahan penelitian.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Bahasa Indonesia
"Kami, putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia", demikianlah bunyi alenia ketiga sumpah pemuda yang telah dirumuskan oleh para pemuda yang kemudian menjadi pendiri bangsa dan negara Indonesia. Bunyi alenia ketiga dalam ikrar sumpah pemuda itu jelas bahwa yang menjadi bahasa persatuan bangsa Indonesia adalah bahasa Indonesia. Kita sebagai bagian bangsa Indonesia sudah selayaknya menjunjung tinggi bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
Bahasa Indonesia ialah bahasa yang terpenting di kawasan republik kita. Dengan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, berarti kita telah menjunjung tinggi bahasa persatuan seperti yang diikrarkan dalam sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.
Dewasa ini pemakaian bahasa Indonesia baik dalam kehidupan sehari-hari mulai bergeser digantikan dengan pemakaian bahasa anak remaja yang dikenal dengan bahasa gaul. Interferensi bahasa gaul kadang muncul dalam penggunaan bahasa Indonesia dalam situasi resmi yang mengakibatkan penggunaan bahasa tidak baik dan tidak benar.

      2.2  Pengertian Bahasa Gaul
Bahasa gaul merupakan salah satu cabang dari bahasa Indonesia sebagai bahasa untuk pergaulan. Istilah ini mulai muncul pada akhir ahun 1980-an. Pada saat itu bahasa gaul dikenal sebagai bahasanya para bajingan atau anak jalanan disebabkan arti kata prokem dalam pergaulan
sebagai preman.
Bahasa gaul pada umumnya digunakan sebagai sarana komunikasi di antara remaja sekelompoknya selama kurun tertentu. Hal ini dikarenakan, remaja memiliki bahasa tersendiri dalam mengungkapkan ekspresi diri. Sarana komunikasi diperlukan oleh kalangan remaja untuk menyampaikan hal-hal yang dianggap tertutup bagi kelompok usia lain atau agar pihak lain tidak dapat mengetahui apa yang sedang dibicarakannya. Masa remaja memiliki karakteristik antara lain petualangan, pengelompokan, dan kenakalan. Ciri ini tercermin juga dalam bahasa mereka. Keinginan untuk membuat kelompok eksklusif menyebabkan mereka menciptakan bahasa rahasia.
                  
Bahasa Indonesia
Bahasa prokem (informal)
Aku, saya
Gue, gua (ditulis pula gw)
Kamu
Lu, lo (ditulis pula lw)
Penatlah!
Capek deh!
Benarkah?
Emangnya bener?
Tidak
Enggak
Tidak peduli
Emang gue pikirin!










2.3  Ciri-ciri bahasa gaul
Ragam bahasa gaul remaja memiliki ciri khusus, yaitu: singkat, lincah dan kreatif. Kata-kata yang digunakan cenderung pendek, sementara kata yang agak panjang akan diperpendek melalui proses morfologi atau menggantinya dengan kata yang lebih pendek seperti ‘permainan-mainan, pekerjaan-kerjaan.
1.      Word clipping, suatu kata dipendekkan atau dipotong tanpa mengubah maknanya.
2.       Compounding, dua kata atau lebih yang telah ada digabung menjadi satu kata baru.
3.      Abbreviation, suatu kata diciptakan dengan mengambil inisial atau huruf dari beberapa kata sehingga huruf-huruf tersebut menjadi satua kesatuan.
4.      Onomatopoeai, pembentukan kata menirukan suara.
5.      Generalization of proper names, mengembangkan kata dari sebutan asli.
6.      Borrowing from dilect and foreign langunges, meminjam kata dari dialek dan bahasa asing.
7.      Extension of meaning by analogy, suatu kata diciptakan dengan menggabungkan 2 hal yang memiliki makna atau arti yang sama.
8.      Saying word from behind (Malang’s prokem languange, mengucapkan kata dengan membalikkan kata dari belakang ke depan
9.      Mengganti satu dua huruf dengan huruf lain atau menghilangkan huruf di tengah-tengah kata.
10.  Menukar konsonan dan menggati satu dua huruf.
11.  Menembahkan ‘F’ atau ‘S’ pada setiap suku kata.
12.  Mengubah sama sekali bentuk kata.


2.3  Faktor-faktor Pendukung Maraknya Bahasa Gaul di Kalangan Remaja
Perkembangan bahasa gaul di kalangan remaja sangatlah cepat. Mengapa?? Karena didukung oleh beberapa faktor  yang cukup berpengaruh terhadap kondisi lingkungan remaja. Antara lain :
a.       Adanya bahasa gaul ditandai dengan menjamurnya internet dan situs-situs jejaring sosial yang berdampak signifikan terhadap perkembangan bahasa gaul. Penikmat situs-situs jejaring sosial yang kebanyakan adalah remaja, menjadi agen dalam menyebarkan pertukaran bahasa gaul. Tulisan seorang remaja di situs jejaring sosial yang menggunakan bahasa ini, akan dilihat dan bisa jadi ditiru oleh ribuan remaja lain. Misalnya, facebook, twitter, friendster.
b.      Karena pengaruh lingkungan. Umumnya para remaja menyerap dari percakapan orang-orang dewasa di sekitarnya, baik teman sebaya atau keluarga.
c.       Peran media (elektronik) yang menggunakan istilah bahasa gaul dalam film-film khusunya film remaja dan iklan, semisal dari adegan percakapan di televisi. Aritnya bahasa gaul tidak hanya terjadi karena kontak langsung antara masyarakat itu sendiri, tapi sebagian besar karena “disuapi” oleh media. Padahal media massa memiliki peran besar dalam perkembangan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang yang telah ada.

1 komentar: